• Jl.Abdulrahman RT.002 RW.002

PENYULUHAN HUKUM DAN PERPUS APUNG DI DESA MANTANG LAMA

21 Desember 2020 Adi Putra Berita Desa Dibaca 30 Kali

Masyarakat desa Mantang Lama, Kecamatan Mantang, Bintan, Kepulauan Riau, antusias mengikuti penyuluhan hukum yang berlangsung di dermaga Mantang Lama.

Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini merupakan kerja sama Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Bintan bersama Kanwil KemenkumHam Kepulauan Riau.

Kegiatan yang berlangsung di dermaga atau pelabuhan rakyat di desa Mantang Lama ini menyesuaikan dengan protokol kesehatan dimasa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Bidang Pengelolaan Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bintan, Isriyanti Parlina, mengatakan tujuan kegiatan ini guna memberikan bekal pengetahuan kepada masyarakat dan anak didik dikawasan pesisir.

" Selain melakukan penyuluhan hukum kepada masyarakat, anak didik juga bisa membaca buku yang ada di kapal perpustakaan apung," ujar Isriyanti Parlina, Senin (21/12/2020).

Kasubbid Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum Kanwil Kemenkumham Kepri, Rosdiana Evlin Walewangko, menambahkan penyuluhan hukum kepada masyarakat dikawasan pesisir ini sangat penting. Sebagai antisipasi jika terjadi terjadi pelanggaran hukum.

" Perluasan informasi hukum itu banyak caranya, salah satunya kami turun langsung ke masyarakat di kawasan pesisir, untuk memberikan edukasi tentang hukum. Meski di masa pandemi virus Corona," tuturnya.

Dilihat antusias masyarakat, kata Evlin, program Perahu Gemilang, Perpustakaan Apung Literasi Hukum Generasi Bintan Cemerlang akan terus dilanjutkan dimasa mendatang. Sehingga, informasi tentang hukum itu benar-benar sampai ke masyarakat luas. Tidak hanya diwilayah perkotaan, tapi hingga ke pelosok daerah.

Sementara, ketua BPD desa Mantang Lama, Zainudin, menyambut baik dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum bagi masyarakat. Sehingga, masyarakat mengetahui upaya yang dilakukan ketika berhadapan dengan hukum.

" Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum. Saya harap kegiatan ini tetap ada di tahun-tahun mendatang, karena bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya kami di yang berada di wilayah pesisir," pungkasnya.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar